NINJA 250cc 4 SILINDER BENERAN RILIS ???

Sobat sekalian, Kawasaki telah resmi memperkenalkan reference model paling hitz di tahun 2019 ini untuk kelas sport fairing 250 cc.. , Sumpah,ini motor keren banget dengan tarikan garis body agresif dan desain yang mirip-mirip dengan saudara sport Kawasaki lainnya seperti ZX6R dan ZX10R. So, Ninja 250cc 4 silinder bukanlah HOAX…!


Sosok motornya sekilas memiliki platform bentuk yang mirip dengan Ninja 250 dua silinder yang sudah lama hadir di Indonesia dan dunia (Ninja 400), namun banyak sekali perbedaannya selain tentunya spek mesin. Headlight LED, lampu sein/winker yang menyatu dengan side fairing dan juga knalpot under belly yang menyerupai model dari Ninja 650 cc 2 silinder. Lalu hadirnya Ram Air pada bagian moncong depan menjadi indikasi bahwa motor ini punya performa yang powerful karena mesin seperti membutuhkan asupan udara yang melimpah dan deras, serta hadirnya riding modes. 

Di sektor kaki-kaki, kaliper rem depan menganut model radial mono-block dengan diameter rotor/disc brake yang cukup besar. Lalu sasis terlihat sangat berbeda jika dibandingkan dengan Ninja 250 cc paralel twin, ZX-25R punya lebih kekar dan frame bagian belakang juga beda dengan bagian yang sedikit terekspos di bawah jok itu model trellis frame.

Dari sisi ini terlihat bentuk sasis utama yang menggendong mesin 4 silindernya memiliki desain/model trellis frame. Ada kemiripan dengan bentuk sasis CBR250RR (IMHO) namun yang ZX-25R punya lebih kekar dan lebih lebar. Hanya saja pada bagian atasnya lebih sempit, besar kemungkinan untuk mengakomodir bagian paha dalam rider supaya tidak terlalu ‘ngangkang’ dan lebih nyaman ketika menjepit motor.
Lampu rem dan bagian buritan ZX-25R ini seperti perpaduan desain dari ZX-10R dan juga Ninja 250R yah sob. Bentuk lampu dan juga model buntut seperti mengambil ide desain dari saudaranya yang sudah lebih dulu hadir di pasar sepeda motor dunia. Untuk knalpot, sudah berada di bawah swing-arm dengan catalyst besar berada di bawah mesin untuk mendapatkan Center of Gravity yang baik yang muaranya adalah handling yang yahud.

Suspensi depan sudah menggunakan tipe Upside-down yang dalam spesifikasi tertera bermerk Showa dengan teknologi SFF-BP atau Separate Function Fork-Big Piston, yang bisa kita artikan bahwa kinerja tabung sok depan kanan dan kirinya akan berbeda dan memiliki piston suspensi teleskopik yang besar.
Velg rim dari Ninja ZX-25R ini modelnya mirip seperti yang dipakai pada Ninja 250 paralel twin dengan 5 spoke namun bisa dipastikan memiliki dimensi yang lebih lebar mengingat performa dari mesin 4 silinder ZX-25R ini akan lebih beringas ketimbang Ninja 250 yang silinder kembar. Ukuran ban depannya saja pakai size 120/60-17 sob, bisa dibilang ukuran lumrah ban superbike 1000 cc standar pabrik nih. Juga diameter rotor rem depan yang lebih lebar ketimbang saudaranya. Meskipun masih single disc,
pengeremannya bakalan pakem banget karena kawalan kaliper rem radial 4 piston.



Ban belakang punya ukuran 150/70-17  Juga pada ZX-25R ini menggunakan ukuran sproket belakang yang besar. Untuk Swing-arm sudah menerapkan model aluminium dengan desain melengkung asimetris antara lengan ayun bagian kanan dan bagian kirinya, mirip seperti punya Kawasaki Ninja 650. Dan suspensi belakang monoshock-nya dinamakan oleh Kawasaki sebagai Horizontal Back-Link dengan posis yang semi tiduran.

sumber:tmcblog.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SIAPA PENGGANTI DIMAS EKKY DI 2020..? TERNYATA DIA ORANG NYA !