NINJA 250cc 4 SILINDER BENERAN RILIS ???
Sobat sekalian, Kawasaki telah resmi
memperkenalkan reference model paling hitz di tahun 2019 ini
untuk kelas sport fairing 250 cc.. , Sumpah,ini motor keren banget dengan tarikan garis body
agresif dan desain yang mirip-mirip dengan saudara sport Kawasaki lainnya
seperti ZX6R dan ZX10R. So, Ninja 250cc 4 silinder bukanlah HOAX…!
Sosok motornya sekilas memiliki platform bentuk
yang mirip dengan Ninja 250 dua silinder yang sudah lama hadir di Indonesia dan
dunia (Ninja 400), namun banyak sekali perbedaannya selain tentunya spek mesin.
Headlight LED, lampu sein/winker yang menyatu dengan side fairing dan juga
knalpot under belly yang menyerupai model dari Ninja 650 cc 2 silinder. Lalu
hadirnya Ram Air pada bagian moncong depan menjadi indikasi bahwa motor ini
punya performa yang powerful karena mesin seperti membutuhkan
asupan udara yang melimpah dan deras, serta hadirnya riding modes.
Di sektor kaki-kaki, kaliper rem depan
menganut model radial mono-block dengan diameter rotor/disc
brake yang cukup besar. Lalu sasis terlihat sangat berbeda jika
dibandingkan dengan Ninja 250 cc paralel twin, ZX-25R punya lebih kekar
dan frame bagian belakang juga beda dengan bagian yang sedikit
terekspos di bawah jok itu model trellis frame.
Dari sisi ini terlihat bentuk sasis
utama yang menggendong mesin 4 silindernya memiliki desain/model trellis
frame. Ada kemiripan dengan bentuk sasis CBR250RR (IMHO) namun yang
ZX-25R punya lebih kekar dan lebih lebar. Hanya saja pada bagian atasnya lebih sempit,
besar kemungkinan untuk mengakomodir bagian paha dalam rider supaya tidak
terlalu ‘ngangkang’ dan lebih nyaman ketika menjepit motor.
Lampu rem dan bagian buritan ZX-25R ini
seperti perpaduan desain dari ZX-10R dan juga Ninja 250R yah sob. Bentuk lampu
dan juga model buntut seperti mengambil ide desain dari saudaranya yang sudah
lebih dulu hadir di pasar sepeda motor dunia. Untuk knalpot, sudah berada di
bawah swing-arm dengan catalyst besar berada
di bawah mesin untuk mendapatkan Center of Gravity yang baik
yang muaranya adalah handling yang yahud.
Suspensi depan sudah menggunakan tipe
Upside-down yang dalam spesifikasi tertera bermerk Showa dengan teknologi
SFF-BP atau Separate Function Fork-Big Piston, yang bisa kita
artikan bahwa kinerja tabung sok depan kanan dan kirinya akan berbeda dan
memiliki piston suspensi teleskopik yang besar.
Velg rim dari Ninja ZX-25R ini modelnya
mirip seperti yang dipakai pada Ninja 250 paralel twin dengan 5 spoke namun
bisa dipastikan memiliki dimensi yang lebih lebar mengingat performa dari mesin
4 silinder ZX-25R ini akan lebih beringas ketimbang Ninja 250 yang silinder
kembar. Ukuran ban depannya saja pakai size 120/60-17 sob, bisa dibilang ukuran
lumrah ban superbike 1000 cc standar pabrik nih. Juga diameter rotor rem depan
yang lebih lebar ketimbang saudaranya. Meskipun masih single disc,
pengeremannya bakalan pakem banget karena kawalan kaliper rem radial 4 piston.
pengeremannya bakalan pakem banget karena kawalan kaliper rem radial 4 piston.
Ban belakang punya ukuran 150/70-17 Juga pada ZX-25R ini menggunakan ukuran sproket belakang yang besar.
Untuk Swing-arm sudah menerapkan model aluminium dengan desain melengkung
asimetris antara lengan ayun bagian kanan dan bagian kirinya, mirip seperti
punya Kawasaki Ninja 650. Dan suspensi belakang monoshock-nya dinamakan oleh
Kawasaki sebagai Horizontal Back-Link dengan posis yang
semi tiduran.
sumber:tmcblog.com
sumber:tmcblog.com
Komentar
Posting Komentar